Now you are reading superOPPY on air * Aku dan teman sepermainan * Mensana In Corpore Sano * Hidup Justine Bieber * Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan * Makan Nggak Makan Asal Kumpul * TUHAN memang satu, kita yang tak sama * Stop Global Warming * Are you sure? yes am fine! * Maaf ini kategorinya apa ya?

Kamis, 24 Februari 2011

Big thanks, Kaisar Hirohito :)

Nihonshi (sejarah Jepang) adalah mata kuliah yang paling paling paling enggak gue banget. Isinya cuman dengerin muncratan presentasi kelompok doang di depan kelas, yang gue sendiri asli nggak nangkep mereka ngomong apaan. Sesekali mereka yang presentasi dan peserta lainnya pada rusuh monyong-monyongin mulutnya ngomong nggak jelas, ngangkat beberapa kursi dan siap-siap nylurit satu sama lain kalo si sensei udah nembakin pistol ke udara tanda perang dunia dimulai lagi. Bukaaaaaan -___-

Banyak yang nggak mood ikutan kelas ini. Secara kelasnya aja dimulai jam 7 pagi, masih belom pada komplit nyawanya. Lagian sejarah negara sendiri mudeng juga kaga, ini disuruh ngertiin sejarah negeri laen. Temen-temen gue di kelas juga banyak yang nggak dengerin. Kebanyakan dari mereka pada ngobrol-ngobrol, facebookan (alibi googling sejarah Jepang) dan paling parahnya nih makan di kelas. Mulai dari susu coklat, keripik pisang sampe lontong sayur (yang ini kacau) mereka, para imigran mendadak laper santap. Gue sih paling banter cuman ho'oh-ho'oh dengerin presentasi sambil gambar-gambar nggak jelas doang.

Nah seminggu sebelum semesteran nih, si sensei ngasih tugas. Tugas ini pengganti test. Boleh dari sumber mana aja, asal nggak sumber dari tugas temennya. Intinya itu kita para romusa, di suruh kerja paksa buat nyelesein tugas tsb tepat pada waktunya. Mana buku paket fotokopian nggak jelas pula. Mati nih mati -___-

kitab suci dari negeri matahari terbit

Ada satu soal yang paling bikin empet banget. Kalo yang soal pendapat pribadi gini gue bingung ga ketulungan karena kepepet ga bisa nyontek dan otak kepaksa buat mikir zzz.. Soalnya itu..

 Sebut dan jelaskan siapa tokoh sejarah Jepang yang paling hebat menurut Anda!

Lah lo becanda, sensei? Kuliah banyak pertemuan aja yang gue tau cuman orang Jepang dulu sama-sama nggak pake celana kaya Pithecantropus Ereksi :p Well, balik ke soal. Gue putar otak. Waktu itu gue lagi nongkrong di KFC Citraland sama Ratna sambil ngerjain tugas. Ceritanya biar keliatan pinter tapi tetep kece gitcuuu. Padahal ya sama aja otak acakadut.

Ratna aja sampe ketiduran ngerjain soal. zzz..

Wazzap! Kilatnya nih gue langsung udah dapet ide mau nyerocos apaan di soal itu. Ide itu muncul bukan dari mata kuliah Nihonshi, justru malah dari mata kuliah Pengantar Ilmu Pendidikan. Serius nih, bacotan gue (yang semoga aja bener) dihargai sensei sama nilai 87. Tawaran yang cukup mahal bukan.. Hehehe. Well, inilah jawaban gue:

Menurut saya Kaisar Hirohito dapat dikategorikan sebagai tokoh hebat. Meskipun pada masa jabatannya terjadi pengeboman di wilayah Jepang terhadap sekutu, Kaisar tersebut menyempatkan waktunya untuk membuka jumpa pers kepada rakyat-rakyatnya pasca perang. Lain halnya dengan Kaisar-kaisar sebelumnya yang acuh dan tidak peduli dengan nasib rakyatnya pasca perang. Pada jumpa pers Kaisar Hirohito, ada tiga pesan penting yang disampaikan olehnya, yaitu : 
a. Kaisar Hirohito meminta maaf karena tidak mampu menjaga kedaulatan negaranya 
b. Dilakukannya pembaharuan pada bidang militer, ekonomi, pertanahan, politik, dll 
c. Demokrasi di bidang pendidikan dengan cara membuat UU pendidikan yang fundamental. Wajib belajar 6 tahun yang berlaku sampai sebelum pasca perang diperpanjang menjadi 9 tahun dan laki-laki serta perempuan bisa belajar bersama.
 
Belakangan gue googling biografi dan fotonya si Kaisar Hirohito ini dan waw mengejutkan! Menurut gue mukanya oke juga dibanding Kaisar-kaisar lainnya yang pada jenggotan, pake baju besi kedodoran, ya gitu deh. Yang Kaisar Hirohito ini beda. Dia, yeah paling cupu cakep di jamannya. Jelas pilihan gue ga akan salah dong. Hyuuuuuuks ~

Pertemuan dua insan yang netesnya beda waktu

 Kalo mau tau biografinya beliau tinggal copast aja disini. Mau dimasukin di postingan ini, males ah. Palingan juga ga ada yang baca. Nggak komplit sih, embeeeer.. Gue males buka kitab suci (^liat foto yang paling atas) lagi. ありがとう ございます、てんの。See ya :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar